YOUR BORING DAY

Lebih Baik Melakukan Kesalahan Dari Pada Hanya Diam

Lebih Baik Melakukan Kesalahan Dari Pada Hanya Diam
9/06/2018
Lebih Baik Melakukan Kesalahan Dari Pada Hanya Diam
Kamu yang salah!
Dia yang salah!
Mereka yang salah!
Aku yang salah!
Rebutan aja terus! Padahal, salah ada liverpool! (Kampret! -_- Itumah Moh. Salah)

Kesalahan. Setiap orang pasti pernah melakukan yang namanya kesalahan. Entah itu gara-gara hal sepele ataupun hal yang serius. Seringkali jika kita melakukan kesalahan pasti ada aja orang-orang yang menyinyir, mengejek, membully atau bahkan ada yang lebih parah lagi kepada kita termasuk anggota keluarga kita sendiri. Namun, ada juga orang yang baik yang tetap support kita agar kita tidak terpuruk terlalu lama gara-gara kesalahan tersebut.

Menurut aku pribadi sih, orang yang melakukan kesalahan itu wajar-wajar saja. Karena tidak ada manusia yang sempurna yang tidak pernah melakukan kesalahan sekalipun. Dengan kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya, tanpa disadari pola pikir kita atau cara berfikir kita dalam menghadapi masalah tersebut akan pecah hingga akhirnya kita menjadi orang yang lebih dewasa.

Memarahi bahkan memaki orang yang salah juga wajar-wajar saja, tetapi juga ada batasnya. Ketika kita telah melakukan kesalahan, seseorang memarahi kita itu bukan karena melampiaskan amarahnya, akan tetapi ingin membuat kita menjadi lebih baik dan sadar bahwa yang kita lakukan itu merupakan tindakan negatif dan merugikan terlebih merugikan untuk diri kita sendiri nantinya. Dengan begitu, kedepannya diharapkan kita bisa berfikir matang-matang sebelum bertindak.

Mungkin dari sebagian orang akan muncul sedikit rasa dendam kepada orang yang telah memarahinya setelah ketahuan bahwa telah melakukan kesalahan. Itupun juga pernah aku rasakan, aku pernah dendam kepada orang yang memarahiku setelah aku melakukan sebuah kesalahan. Namun, disitu otakku mulai berfikir dengan aku dimarahi seperti itu bisa membuat pola pikirku berubah dan menjadi lebih dewasa. Lambat laun rasa dendam itu menghilang dan akhirnya menjadi rasa terimakasih karena sudah diingatkan akan kesalahanku tersebut sehingga tidak akan aku ulangi lagi nantinya. Jadi, jika kamu sedang dimarahi atas kesalahanmu sendiri, cobalah untuk merenungkannya dahulu apakah dampak yang akan terjadi jika kamu meneruskan dendammu dan apa yang akan terjadi jika tidak ada orang yang memerahimu untuk mengingatkan agar kamu tidak mengulangi lagi kesalahanmu itu. Pikirkan baik-baik, jangan sampai menyesal dan akhirnya malu sendiri!

Selain itu, menurutku orang yang melakukan kesalahan lebih baik daripada orang yang sama sekali tidak melakukan apapun. Ketika kita melakukan kesalahan dan mengambil hikmahnya, disitu kita mendapatkan pengalaman hidup baru yang berguna bagi kehidupan kita sendiri dimasa mendatang. Namun bagaimana dengan orang yang hanya diam saja tanpa melakukan sesuatu ? Dia akan tetap berada di titiknya selamanya tanpa pergerakan sedikitpun dan dia akan tertinggal jauh dari orang yang berani mencoba tanpa takut melakukan kesalahan. Karena melakukan kesalahan itu adalah hal yang wajar. Tetapi jika mencari-cari kesalahan orang lain itu baru kurang ajar!

Intinya, kalau kamu ingin maju jangan hanya diam dan bermimpi saja. Mimpi hanya akan tetap menjadi mimpi selamanya tanpa tindakan nyata dari diri kamu sendiri!

Jangan takut mencoba, jangan takur membuat kesalahan. Setiap kesalahan akan memberikan hikmah dan pembelajaran baru bagi hidup kita sendiri untuk kedepannya. Jika kamu takut dimarahi, bekerja keraslah hingga akhirnya kamu berhasil dan tidak akan dimarahi. Lantas bagaimana bila masih gagal dan gagal lagi? Terus mencobanya meskipun berulang kali. Perlu kamu ingat dan pahami kalimat ini "Saya sudah mencobanya berulang kali namun masih gagal" dan "Saya adalah orang yang gagal". Pahami dan renungkan kedua kalimat tersebut dan pikirkan apa yang harus kamu lakukan selanjutnya.

Mungkin itu dulu sedikit opiniku tentang Lebih Baik Melakukan Kesalahan Dari Pada Hanya Diam. Ya sedikit banyak dari pengalaman pribadi sih. Ya semoga saja bisa menyemangati teman-teman semua yang mungkin sekarang sedang ada masalah.

Oke deh, tengkyu sudah membaca dan mampir di Your Boring Day
Fery Efendy

Hi kamu!

Jangan sampai mampir ke yourboringday.com ya...

Hi Guys!
Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya

• Berkomentarlah dengan sopan
• Tidak memasukkan link apapun (Spam)
• Berkomentar yang relevan sesuai artikel
• Komentar yang kasar dan mengandung unsur SARA akan dihapus

Setiap komentar kalian akan aku balas secepatnya
Gak komentar ? Ndeso!
#yourboringday