Cerita Sebelum Tidur Popupler Terbaik untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Cerita Sebelum Tidur Popupler Terbaik untuk Anak

Setelah seharian bermain dan melakukan aktivitas lainnya, tentu si kecil akan merasa capek dan beranjak ke kamar untuk segera tidur. Namun, terkadang mereka sulit untuk tidur karena beberapa hal. Nah, salah satu solusi yang dilakukan agar anak-anak bisa cepat tidur yakni dengan membacakan dongeng atau cerita sebelum tidur untuk anak-anak.

Dengan membacakan dongen sebelum tidur, dapat membuat anak menjadi terbiasa rajin membaca lho. Dalam memilih dongeng atau cerita sebelum tidur, sebaiknya disesuikan dengan umur si kecil. Jangan memilih cerita yang alurnya rumit, karena anak-anak di usia 1-3 tahun belum begitu mampu menangkap cerita yang kompleks karena bahasa yang dipahami mereka masih terbatas.

Nah, berikut ada beberapa pilihan rekomendasi cerita atau dongeng yang bisa orang tua bacakan untuk si kecil sebelum mereka tidur.

Cerita Sebelum Tidur Popupler Terbaik Anak

Dalam memilih buku dongeng yang akan dibacakan, usahakan buku tersebut mengandung lebih banyak gambar dibanding dengan tulisannya ya.

1. Si Kelinci yang Sombong dan Kura-kura

Cerita ini menceritakan tentang seekor kelinci yang sombong yang mengira dirinya adalah hewan yang sangat cepat. Suatu hari karena kesombongannya, dia menggoda si kura-kura untuk lomba lari. Kura-kura yang rendah hati pun menerima ajakan si kelinci, tanpa tahu maksud tersembunyi di belakangnya.

Si kelinci yang sudah sangat yakin sekali akan menang, begitu bersemangat dan mengabarkan ke seluruh hutan jika ia akan mengikuti lomba lari dengan si kura-kura. Dengan sombongnya itu, ia menyuruh penghuni hutan untuk melihat kemenangannya.

Ketika lomba sudah dimulai, kelinci itu sangat cepat di awal seperti yang diharapkan pada hari pertandingan. Kura-kura yang bergerak lambat mulai mengikuti kelinci. Seiring berjalannya waktu kelinci yang angkuh memutuskan untuk tidur di bawah pohon untuk sementara waktu. Akan tetapi, si kelinci malah tertidur untuk waktu yang cukup lama, sehingga ia tersalip oleh kura-kura.

Pesan dari cerita ini yakni kita tidak boleh meremehkan kemampuan siapa pun itu dan kita juga harus tekun dalam melakukan sesuatu jika ingin meraih keberhasilan.

2. Si Kancil dan Kawanan Buaya

Kancil adalah hewan cerdas yang terkenal di hutan. Suatu hari kancil mencoba menyeberangi sungai untuk mencari makan di area tepi sungai, tetapi jembatan yang dia lewati kemarin rusak karena diterjang badai.

Seekor kancil yang kebingungan, tiba-tiba mendapat ide dan meminta tolong kepada buaya yang buas itu. Dia mulai mendekati buaya dengan sedikit rasa takut. Tak disangka buaya yang melihat kancil langsung menerkamnya.

Si kancil pun berteriak minta tolong kepada buaya, agar tidak dimakan saat itu. Buaya pun berhenti menggigit kancil dan bertanya alasannya. Si kancil pun menjawab “Aku ingin menggendutkan tubuhku dulu, agar nanti lebih banyak daging yang bisa kau makan, jadi kau bisa lebih puas memakanku”, lantas buaya pun menjawab “Tidak! Kau pasti menipuku dan akan melarikan diri!”.

Kancil pun menjawab lagi “Aku berjanji! Selagi makan untuk membesarkan badan, kau bisa memanggil teman-teman buaya yang lain untuk menyantapku bersama. Agar tubuhku lebih besar, aku harus mencari makan di seberang sungai, karena disini sudah habis.”

“Ada berapa banyak buaya yang lain?” tanya si kancil. “Banyak sekali buaya disini” sahut buaya. “Kalau begitu, panggil mereka semua dan suruh untuk berjajar agar aku bisa menghitungnya, agar saya bisa tahu akan dibagi berapa tubuh saya setelah gemuk nanti” ujar si kancil.

Dengan polosnya, tanpa curiga si buaya pun memanggil teman-temannya dan menyuruh mereka untuk berjajar agar bisa di hitung oleh si kancil.

Setelah beberapa saat, para buaya pun berkumpul dan berjajar rapi. Kancil mulai menaiki mereka satu-persatu sambil menghitung jumlah mereka. Setibanya di sebrang sungai, si kancil langsung berlari dengan cepat untuk menghindari kawanan buaya tersebut, sebelum dirinya menjadi santapan empuk.

Kemudian para buaya pun mulai menyadari bahwa mereka telah ditipu dan diperdaya oleh si kancil. Dan si kancil pun berhasil menyebrang sungai dan tidak menjadi santapan para buaya yang buas-buas itu.

Nah, itulah 2 contoh dongeng atau cerita cerita sebelum tidur popupler terbaik anak yang bisa diceritakan kepada si kecil sebelum terlelap. Selamat bercerita!

نموذج الاتصال