Bahasa Jawa Bahasa Kebanggaan Indonesia

Bahasa Jawa Bahasa Kebanggaan Indonesia

Hi guys! Gimana kabarnya?
Eh, bentar-bentar karna ini bahas Bahasa Jawa, nyapanya pake Bahasa Jawa juga dong ya. Oke diulangi!

Hoe rek! Piye kabare? Apik-apik wae to? Mugo-mugo diparingi waras lan rejeki sing berkah. Amin. 

Kali ini aku ingin berbagi sedikit informasi tentang Bahasa Jawa

Berdasarkan dari hasil penelitian studi yang dilakukan oleh pusat pengembangan bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan alias Kemendikbud, bahasa yang paling banyak atau sering digunakan di Indonesia yaitu Bahasa Jawa. 

Dimanapun masyarakat asli suku Jawa tinggal, pasti akan selalu menggunakan Bahasa Jawa. Bahasa Jawa tidak hanya digunakan di wilayah aslinya seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta, tetapi juga digunakan di berbagai daerah lainnya seperti Jawa Barat, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan dan daerah lainnya. 

Bagi kalian yang bukan asli suku Jawa dan tinggal di daerah yang mayoritas menggunakan Bahasa Jawa, menurutku kalian wajib dan harus tahu serta belajar memahami Bahasa Jawa. 

Tidak ada salah dan ruginya kok belajar memahami Bahasa Jawa. Mengapa demikian? Karena untuk memperlancar komunikasi dengan lingkungan yang mayoritas menggunakan Bahasa Jawa sekaligus melestarikan Bahasa asli Indonesia ini. Kalian juga harus tahu kalau Bahasa Jawa termasuk 10 Bahasa yang sering digunakan di dunia lho. 

Ada beberapa fakta lain yang perlu diketahui tentang Bahasa Jawa, antara lain : 
  • Bahasa Jawa Memiliki Banyak Penutur 
  • Bahasa Jawa Memiliki Logat yang Beragam 
  • Terdapat Levelisasi Dalam Bahasa Jawa 
  • Bahasa Jawa Kaya Akan Turunan Kata 
Selain poin-poin di atas masih ada hal yang perlu diperhatikan lagi, lebih lengkapnya cari tahu lebih banyak tentang Bahasa Jawa yuk! 

Bahasa Jawa sendiri juga sudah tersedia di Google Translate lho. Tidak semua bahasa daerah tersedia disana, tentu hal ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia khususnya suku Jawa. 

Oh iya satu lagi, apasih artinya salam pembuka diatas tadi? Yang ini lho… 
“Hoe rek! Piye kabare? Apik-apik wae to? Mugo-mugo diparingi waras lan rejeki sing berkah. Amin.”
Artinya itu “Halo teman-teman! Gimana kabarnya? Baik-baik saja kan? Semoga diberi kesehatan dan rejeki yang berkah. Amin” 

Asyik kan bisa ngobrol pakai Bahasa Jawa. Segera belajar Bahasa Jawa yuk!

نموذج الاتصال