Pengobatan Untuk Meringankan Gejala Sinusitis

Pengobatan Untuk Meringankan Gejala Sinusitis

Sinusitis terdapat beberapa tipe dan tingkatan dari yang paling umum dan yang paling serius. Dalam pengobatannya pun terdapat sedikit perbedaan. Untuk sinusitis tipe yang ringan bisa diatasi dengan obat semprot hidung untuk sinusitis.

Umumnya, diagnosis sinusitis dilakukan oleh dokter dengan memperhatikan gejala-gejala yang muncul seperti mulai dari hidung tersumbat, nyeri di daerah mata dan wajah, sampai dengan pilek. Berbeda dengan sinusitis tipe kronis yang memerlukan diagnosa lebih dalam, dimana penting untuk segera ke dokter spesialis THT demi pengobatan yang lebih intensif dan lebih tepat. 

Tipe sinusitis yang paling banyak terjadi adalah sinusitis angkut. Umumnya sinusitis akut terjadi dikarenakan oleh virus dan bisa sembuh tanpa pengobatan khusus. Akan tetapi dalam beberapa kondisi memang sinusitis perlu penanganan demi meringankan gejala yang muncul. Beberapa pengobatan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut: 

Pengobatan Untuk Meringankan Gejala Sinusitis

1. Saline Nassal Irrigation 

Ini adalah jenis obat yang dapat digunakan untuk beberapa kali dalam sehari. Fungsinya adalah untuk membersihkan saluran hidung. Saline nassal irrigation merupakan jenis obat semprot yang berisi air matang, garam dan juga baking soda. 

2. Dekongestan 

Ini adalah jenis obat untuk meredakan masalah hidung tersumbat yang disebabkan oleh penumpukan lendir. Obat dekongestan ada dalam bentuk cair, tablet serta ada juga dalam bentuk obat semprot. 

3. Antibiotik 

Kebanyakan sinusitis terjadi dikarenakan adanya bakteri yang menginfeksi dan untuk membunuh bakteri penyebab sinusitis bisa dibantu dengan konsumsi antibiotic. 

4. Pereda Nyeri 

Salah satu gejala yang timbul ketika sinusitis terjadi adalah nyeri di bagian wajah ataupun di daerah mata. Untuk meringanan gejala tersebut bisa dengan mengkonsumsi obat nyeri seperti paracetamol. Tidak disarankan penggunaan obat aspirin untuk yang di bahwa 18 tahun karena dapat memberikan efek samping yang cukup beresiko. 

5. Kostikosteroid Hidung 

Obat jenis ini berguna untuk mencegah serte mengobati peradangan di sinus. Mengingat sinusitis terjadi karena sinus mengalami peradangan. Jenis obat ini yang umum dipakai adalah fluticasone serta budesonide. 

Selain kelima jenis obat di atas, sinusitis juga dapat diringankan gejalanya dengan memberikan kompres air hangat pada rongga sinus serta hidung. 

Jika ada gejala lain seperti mual dan muntah, Vometa bisa jadi salah satu pilihan obatnya. Vometa sirup obat muntah anak juga bisa dipilih bagi si kecil yang mengalami masalah sama. Perhatikan dosis penggunaan dan lebih baik sesuai dengan anjuran dokter. 

نموذج الاتصال