DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB

Tiga Kali Gagal Lolos Kartu Prakerja? Ini yang Harus Anda Lakukan

Tiga Kali Gagal Lolos Kartu Prakerja? Ini yang Harus Anda Lakukan

Seperti yang diketahui, bahwa orang yang mengikuti program Kartu Prakerja gelombang 12 sangatlah banyak dimana selalu melebihi kuota yang sudah ditentukan pemerintah. Seringkali hal ini membuat para calon penerima Kartu Prakerja menjadi sedikit putus asa.

Pembukaan secara resmi gelombang 12 Program Kartu Prakerja ini karena tingginya animo masyarakat untuk mendaftar Kartu Prakerja. Tingginya jumlah pendaftar Prakerja, membuat beberapa peserta tak kunjung lolos dalam seleksi, meski telah mencoba hingga tiga kali pendaftaran.

Baca juga: Gagal Unggah Foto KTP saat Daftar Kartu Prakerja? Coba Lakukan Hal Ini!

Lalu bagaimana jika sudah 3 kali gagal? Bagi mereka yang sudah 3 kali gagal lolos, Manajemen pihak Kartu Prakerja telah menyiapkan satu opsi yang bisa dipilih oleh para pendaftar.

Mengutip informasi yang ada dari laman FAQ Prakerja, bagi Anda yang sudah gagal hingga tiga kali, maka Anda dapat mengadukan masalah tersebut. Caranya yaitu dengan mengisi surat pernyataan yang bisa diunduh melalui link berikut ini:

Surat pernyataan gagal 3 kali

Baca Juga: Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12 yang Benar Agar Bisa Diterima

Untuk selanjutnya, silahkan Anda isi dengan benar surat pernyataan tersebut, kemudian kirimkan ke alamat e-mail: kepesertaan@prakerja.go.id.

Silahkan menunggu, Manajemen Pelaksana Prakerja akan melakukan pengecekan terkait surat yang Anda kirimkan.

Baca Juga: Persyaratan Lengkap yang harus Dipenuhi Sebelum Mendaftar Kartu Prakerja gelombang 12

Biasanya, hal-hal yang membuat peserta tidak lolos Prakerja berkali-kali disebabkan peserta masih dinyatakan sebagai mahasiswa aktif. Sementara, di surat pernyataan telah disebutkan bahwa pendaftar bukanlah mahasiswa yang aktif. Walaupun begitu, manajemen Kartu Prakerja sudah menyiapkan bobot tambahan bagi mereka yang tak kunjung lolos meski mendaftar berkali-kali.

Ada beberapa hal yang kemungkinan membuat peserta tak kunjung lolos juga, diantaranya:

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 12 Resmi Dibuka, Ini Besaran Insentif yang Akan Diterima

1. Adanya ketidaksesuaian antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK)

Jika kendalanya seperti ini, peserta dihimbau untuk segera menghubungi Call Center Dukcapil di 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat.

2. Masuk dalam daftar kelompok yang dilarang mendaftar Kartu Prakerja

Peserta termasuk kedalam kelompok yang dilarang mengikuti program Kartu Prakerja, kelompok yang dimaksud yakni pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala dan perangkat desa direksi, komisaris, serta dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 12 Tahun 2021 Kembali Dibuka, Begini Cara Daftarnya!

Walaupun masih tidak lolos, tetap semangat untuk mencoba lagi di gelombang berikutnya ya!

Source: Kompas.com

Related Posts
Your Boring Day
Kumpulan Berita dan Informasi Menarik dari Berbagai Sumber Terpercaya

Related Posts