DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB

Macam-macam Jenis Label Pakaian

Macam-macam Jenis Label Pakaian

Anda suka memperlajari hal-hal yang terkait dengan konveksi? Nah, dalam dunia konveksi ada yang namanya label. Label sediri merupakan suatu tag atau tandaaan dimana hal tersebut untuk menandakan merk, jenis dan lain-lain.

Menurut wikipedia, label merupakan selembar kertas, film plastik, kain, logam, atau materi lain yang ditempel pada wadah atau produk, yang merupakan informasi tertulis atau cetak atau simbol tentang produk atau barang. Informasi yang dicetak langsung pada wadah atau artikel juga dapat dianggap sebagai label.

Anda pasti pernah memperhatikan ada tanda atau label pada pakaian. Entah itu sekedar label ukuran, merek atau yang lainnya. Nah, ada beberapa label yang biasa dipakai pada pakaian. Apa sajakah itu? Simak yuk!

Macam-macam Jenis Label Pakaian 

1. Woven damask

Label woven damask ini juga sering dikenal dengan sebutan label rajut, hal ini karena cara pembuatannya dengan cara dirajut menggunakan bahan dasar benang-benang woven halus. Dari situlah akan menghasilkan label baju dengan tekstur yang berisi, agak keras, berserat, namun tetap halus jika disentuh.

Jenis label pakaian ini cocok dan sering digunakan pada produk pakaian untuk orang dewasa. Letak penempatannya pun sangat strategis, yaitu terletak pada leher pakaian, di lengan, atau di bagian luar lainnya pada suatu produk pakaian, yang membuat tampilannya menjadi lebih eksklusif dan berkelas.

Karena tampilan dan kualitasnya tersebut, tak heran jika harga pembuatan jenis label ini lebih tinggi dibanding dengan label lainnya.

2. Satin Printing

Label ini terbuat dari bahan satin yang bersifat sangat lembut dan teksturnya yang mengkilap, sehingga jenis label ini sangat cocok digunakan untuk produk anak-anak dan bayi serta untuk ruang tidurnya yang membutuhkan kelembutan agar lebih nyaman.

Pembuatan label ini yaitu dengan cara dicetak melalui printer dengan tinta khusus mencetak label yang meresap pada kain, sehingga menghasilkan hasil desain yang rapi dan jelas.

3. Satin Damask

Mirip dengan label satin printing, hanya saja cara pembuatannya bukan dicetak dengan printer melainkan dengan cara dirajut di atas kain satin tersebut.

4. Hang tag

Hang tag juga sering disebut label kertas karena bahan dasarnya dari kertas. Cara pembuatannya dicetak menggunakan printer. Bentuk dari hang tag biasanya unik dan tidak monoton, hal ini memberikan daya tarik sendiri bagi konsumen.

Pemasangan label ini pun cukup mudah karena hanya digantungkan saja di leher pakaian dengan menggunakan sebuah pengait atau log pin.

5. Label Taffeta

Label taffeta merupakan label pakaian yang proses pembuatannya dengan cara dibordir. Hasilnya pun sangat unggul karena mampu menciptakan huruf-huruf dengan sangat jelas.

6. Label Nilon

Label nilon ini merupakan label yang dicetak dengan printer. Label ini sering ditemui karena biasa digunakan untuk size dan care label.

Nah, itulah beberapa macam-macam jenis label pakaian yang mungkin belum Anda ketahui. Jika Anda ingin membuat label, Anda bisa menggunakan jasa dari label baju solo yang sudah ahli dalam bidangnya. Harganya pun cukup terjangkau dan tentunya berkualitas.
Related Posts
Your Boring Day
Kumpulan Berita dan Informasi Menarik dari Berbagai Sumber Terpercaya

Related Posts